Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat meditasi bagi kesehatan yang perlu kamu tahu – Saat membicarakan tentang meditasi, sebagian masyarakat langsung mengaitkan dengan kegiatan berbau mistis bahkan supranatural. Padahal meditasi tidak selamanya berkaitan dengan hal mistis dimana meditasi ini juga berhubungan dengan kesehatan. Ahli dalam bidang kesehatan menyarankan untuk melakukan meditasi minimal 10 menit sampai dengan 30 menit setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga pikiran. Bagi yang saat ini merasakan tubuhnya tidak nyaman dan pikiran tidak tenang cobalah untuk melakukan meditasi.  Berikut ini adalah manfaat meditasi bagi kesehatan yang perlu kamu tahu:

manfaat meditasi

Baca Juga: The Benefits of Meditation that you never knew

Mengurangi Stress

Manfaat meditasi bagi kesehatan yang perlu kamu tahu pertama adalah bisa mengurangi stress. Seperti yang banyak diketahui bahwa stress ini tidak boleh diabaikan. Alasannya adalah stress ini menyebabkan berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan seperti hormon tidak seimbang bahkan tekanan darah tinggi. Penyebabnya pun berbagai macam namun yang paling sering adalah tekanan di kantor, tekanan di keluarga, dan juga tekanan di lingkungan sekitar. Untuk meredakan stress kamu bisa melakukan meditasi ini secara teratur.

Melawan Depresi

Stress dalam jangka panjang yang tidak segera di atasi akan berubah menjadi depresi. Untuk melawan depresi ini bisa dengan melakukan meditasi. Saat meditasi ketenangan dan juga kenyamanan akan didapatkan sehingga depresi akan berkurang. Studi yang pernah dilakukan dengan sampel 55 orang wanita dan pria, 22 diantaranya mengalami gangguan depresi. Mereka mengikuti program meditasi selama 30 menit dan juga latihan aerobik selama 30 menit dalam 8 minggu. Hasilnya pun menakjubkan dimana gejala depresi yang mereka alami ini berkurang sampai dengan 40%. Mereka lebih mampu mengatasi masalah dan juga mengendalikan diri agar tidak merasa cemas atau memikirkan sesuatu yang negatif.

Tidur Lebih Berkualitas

Stress, depresi, dan juga kecemasan akan membuat seseorang sulit tidur. Kondisi mental yang buruk ini menyebabkan tubuh menjadi sulit untuk beristirahat dan mengalami insomnia. Memang gangguan dan keluhan tidur tersebut bisa diatasi dengan obat tidur. Namun penggunaan obat dalam jangka panjang berbahaya dan juga menyebabkan efek samping yang merugikan. Studi atau penelitian pernah membandingkan kelompok peserta yang  mengikuti meditasi dengan yang tidak. Peserta yang mengikuti meditasi akan tidur lebih cepat dan nyenyak dibandingkan dengan yang tidak mengikuti meditasi.  Periset berpendapat bahwa meditasi ini akan menenangkan pikiran seseorang, membantu melepaskan ketegangan, dan tubuh menjadi lebih rileks sehingga tidur akan jauh lebih baik.

Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

Jika kamu sering menderita penyakit yang disebabkan oleh virus itu tandanya sistem kekebalan tubuh tidak bagus. Meditasi ini terbukti bisa membuat kekebalan tubuh menjadi lebih bagus dan meningkat. Studi pernah dilakukan dengan sampel 149 pria dan wanita dengan usia rata-rata 59 tahun, kemudian dibagi menjadi tiga kelompok dimana 51 orang mengikuti program meditasi, 47 berolahraga lari dan juga bersepeda, dan sisanya tidak melakukan hal apapun. Setelah 8 minggu pengamatan, hasil studi sangat mengejutkan dimana peserta yang menjalani meditasi ini mengalami 27 kali gejala flu atau pilek, yang berolahraga ini mengalami gejala pilek 26 kali, dan yang tidak melajukan apa-apa mengalami gejala sebanyak 40 kali. Pengamatan tersebut juga mendapatkan kesimpulan bahwa orang yang berolahraga dan juga melakukan meditasi ini lebih cepat sembuh dari flu atau pilek dibandingkan dengan yang tidak aktif.

Menurunkan Tekanan Darah

manfaat meditasi bagi kesehatan yang perlu kamu tahu selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Bagi kamu yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi maka cobalah untuk meditasi. Jangan pernah menganggap remeh tekanan darah tinggi ini karena menjadi gerbang utama berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Meditasi akan mengurangi ketegangan di bagian jantung sehingga tekanan darah menjadi menurun.

Menguatkan Daya Ingat

Semakin bertambahnya usia fungsi otak seseorang menjadi menurun. Meditasi ini akan meningkatkan daya konsentrasi seseorang. Daya konsentrasi yang terus dilatih akan membuat fungsi otak menjadi meningkat. Sebanyak 12 persen penelitian mengungkapkan bahwa meditasi ini mampu meningkatkan perhatian, daya ingat, dan juga konsentrasi bagi para lansia.

 

Jika kamu merasa sering tidak tenang, cemas, dan merasa dihantui dengan pikiran-pikiran buruk cobalah untuk melakukan meditasi karena meditasi ini bisa membantu meringankan gejala-gejala yang kamu alami tersebut.  Semoga beberapa penjelasan tentang manfaat meditasi bagi kesehatan yang perlu kamu tahu di atas bermanfaat.

One thought on “Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *